Pembelajaran tatap muka (PTM) di SMA negeri 5 Bandar Lampung sudah mulai dilaksanakan sejak Senin, 13 September 2021. PTM dilakukan dengan peraturan dan protokol kesehatan yang ketat. Sesuai dengan standar operasional sekolah (SOP). Yaitu sebagai berikut: a. Sekolah telah menyiapkan titik tempat penurunan dan penjemputan peserta agar tidak terjadi penumpukan. b. Di setiap depan ruang kelas dan kantor sudah sanitasi tempat cuci tangan dengan air mengalir berserta sabun tangan (handshoap). c. Sekolah sudah menyiapkan alat pengukur suhu tubuh pada titik akses masuk lingkungan sekolah. d. Sekolah menyiapkan cadangan masker, jika terdapat peserta didik atau pendidik tidak membawa masker/masker rusak. e. Di setiap ruang sudah diatur tempat duduk siswa dengan jarak minimal 1,5 m. f. Petugas kebersihan selalu menjaga kebersihan gagang pintu, kebersihan keyboard, kebersihan komputer, kebersihan kelas, meja dan kursi belajar dengan disinfeksi setiap hari, termasuk lingkungan sekolah.

Satgas Covid-19 sekolah telah disiagakan sejak pagi untuk memantau aktifitas siswa. Penerapan jaga jarak tidak hanya di dalam kelas tapi juga saat aktifitas keluar-masuk sekolah. Pembelajaran tatap muka (PTM) di SMAN 5 menggunakan sistem shift pagi-siang untuk mengantisipasi adanya kerumuman. Pembagian shift diatur berdasarkan absensi ganjil-genap dimana absen ganjil masuk pukul 08.00-11.30 WIB, sedangkan absen genap masuk pukul 13.00-16.30 WIB.

Pembelajaran tatap muka (PTM) diawali oleh kelas XII sejak Hari Senin tanggal 13 Sepetember dengan kelas X dan XI belajar secara daring. Dilanjutkan oleh kelas XI pada tanggal 14 Sepetember dengan kelas X dan XII belajar secara daring. Kemudian pada tanggal 15 September dan seterusnya, maka kelas X, XI, dan XII akan sama-sama pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Sedangkan peserta didik yang karena alasan tertentu tidak diizinkan oleh orang tua untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) maka sekolah akan melaksanakan pembelajaran Daring/Online dengan Penugasan.

Pembelajaran tatap muka (PTM) yang berlaku di SMAN 5 Bandar Lampung sekarang adalah PTM masa transisi, atau dapat dikatakan sifatnya adalah sementara. Jika pada saat berjalannya PTM transisi tidak terjadi masalah atau Covid-19 tidak merebak, maka PTM akan ditingkatkan ke level yg lebih tinggi lagi, sampai akhirnya PTM berjalan sebagaimana mestinya.

Pembelajaran Tatap Muka di SMAN 5 Bandar Lampung

Leave a Reply

YouTube1
YouTube