Di era globalisasi yang semakin berkembang saat ini, peran komunikasi menjadi semakin vital. Era kemajuan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat  semakin membuka kesempatan untuk berkomunikasi secara internasional. Setiap orang sudah pasti mengenal bahasa internasional, yakni bahasa inggris. Bahasa Inggris diakui secara resmi di 80 negara, dan digunakan secara luas di berbagai bidang dan aspek di lebih dari 100 negara. Bahasa Inggris tak hanya digunakan oleh satu ataupun dua negara di dunia, melainkan hampir seluruh negara di dunia. Bagi hampir ±373 juta orang bahasa inggris adalah bahasa ibu sedangkan bagi ±500 juta orang bahasa inggris adalah bahasa kedua setelah bahasa negaranya itu sendiri dan ada ±900  juta orang yang pandai  berbahasa inggris di dunia ini.

Sebagai bahasa global, bahasa inggris memegang fungsi dan peran yang sangat besar. Salah satu implikasi yang terlihat adalah semakin banyak orang yang berusaha menguasai bahasa inggris dengan baik. Bahasa Inggris merupakan bahasa pemersatu antar warga negara yang satu dengan warga negara yang lain. Setiap orang yang akan bepergian ke negara lain sudah sepatutnya memiliki kemampuan berbahasa inggris dan bahasa negara yang akan dituju.

Di Indonesia, masih sangat minim tingkat kemampuan berbahasa inggris oleh warga negaranya. Banyak dari daerah yang ada di Indonesia bahkan tidak mengerti arti kata yang digunakan sehari-hari dalam bahasa inggris, berbanding terbalik dari itu terdapat kota-kota maju di Indonesia yang banyak dari warganya telah fasih dalam berbahasa inggris, bahkan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dalam kehidupan sehari – harinya banyak dari mereka yang menggunakan bahasa inggris. Sebagai contoh Kota Jakarta Selatan yang mana banyak dari warganya sedari anak-anak sampai orang dewasa sudah fasih berbahasa inggris.

Kota yang maju sering kali dikaitkan dengan bahasa yang digunakan. Oleh sebab berbagai tempat umum seperti tempat makan, tempat berbelanja, dan tempat rekreasi di kota yang maju sudah menerapkan berbagai bahasa, terutama bahasa negara itu sendiri dan bahasa inggris. Sebagai contoh pada suatu tempat makan yang berada di kota yang maju, tempat makan tersebut memiliki menu makanan dengan nama makanan ditulis dalam bahasa inggris. Walaupun demikian, tidak hanya kota maju yang diperbolehkan menggunakan berbagai bahasa di tempat-tempat umumnya. Tidak hanya kota maju yang menggunakan berbagai bahasa. Tetapi, masyarakat yang pandai berbahasa asing terutama bahasa inggris dapat meningkatkan kualitas dari kota yang ditempati.

Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris masyarakat dapat dilakukan dengan pendidikan bahasa inggris. Pendidikan bahasa inggris sepatutnya diterapkan sedari dini, mulai dari lingkungan keluarga hingga lingkungan masyarakat seharusnya menjadi awal dari pendidikan berbahasa inggris. Pendidikan bahasa inggris untuk anak – anak  dilakukan oleh orang tua dengan memperkenalkan bahasa inggris dari buah-buahan, hewan, kata kerja sehari-hari (seperti makan, minum, dan mandi), warna, dan anggota tubuh, selain itu dapat juga dilakukan dengan mendengarkan musik bahasa inggris bersama-sama sekaligus memberitahukan arti dari lagu tersebut. Diterapkannya penggunaan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari dengan lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat akan memacu kemampuan dalam berbahasa inggris.

Pelajaran bahasa inggris di sekolah bukanlah suatu pelajaran yang memerlukan pemahaman yang cukup keras. Sebaliknya, pelajaran bahasa inggris merupakan pelajaran yang dapat dikatakan cukup mudah, kunci dari pelajaran bahasa inggris adalah terbiasa, terbiasa menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari, semakin sering menggunakan bahasa inggris maka semakin meningkat kemampuan dalam berbahasa inggris. Setiap pembelajaran yang diterima akan lebih mudah dicerna ataupun dipahami jika dilakukan dengan penuh rasa gembira dan keinginan untuk bisa serta pembelajaran yang asyik dan santai merupakan salah satu cara untuk membuat pelajaran yang diberikan lebih mudah dipahami. Guru yang berperan penting dalam membuat suasana pembelajaran menjadi asyik dan santai.

Pembelajaran yang asyik merupakan pembelajaran yang diinginkan oleh banyak dari siswa di seluruh dunia. Pembelajaran yang asyik dapat diartikan dengan memadukan penjelasan materi dengan permainan ataupun kuis yang juga berkaitan dengan materi yang sedang dijelaskan. Cara penyampaian materi oleh guru juga mempengaruhi asyik atau tidaknya pembelajaran.

Tidak hanya dengan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris oleh masyarakatnya, untuk meningkatkan kualitas suatu kota juga harus didukung dengan fasilitas – fasilitas yang memadai, terlebih jika berkaitan dengan bahasa inggris maka sebagian tempat fasilitas menerapkan bahasa inggris dalam teks-teks atau kalimat yang umum terlihat seperti kalimat motivasi di papan reklame.

Dengan meningkatnya kualitas suatu kota maka meningkat juga kualitas hidup masyarakat yang berkediaman di kota tersebut dan sama halnya jika kualitas hidup masyarakatnya meningkat maka akan meningkat juga kualitas suatu kota tersebut. Terkadang terlintas dalam pikiran untuk meningkatkan kualitas  suatu kota yang menjadi tempat tinggal namun tidak mau berusaha meningkatkannya. Hal inilah yang perlu diubah, alangkah baiknya jika memiliki keinginan maka segera diwujudkan, tidak perlu menunggu orang lain untuk mewujudkannya.

Pada usia remaja dan usia dewasa merupakan usia emas di mana dapat melakukan segala perubahan baik pada diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan tempat tinggal. Pada usia inilah seseorang memiliki keinginan tinggi, ingin melakukan segala sesuatu yang belum pernah dilakukan, ingin membuat suatu perubahan, ingin mendapatkan suatu penghargaan dan ingin meraih sesuatu. Di usia remaja untuk berperan besar kepada kota tempat tinggal cukup dilakukan dengan belajar dengan tekun, tidak membuat kerusuhan yang dapat mengakibatkan kerusakan fasilitas – fasilitas, meraih suatu prestasi yang mana dapat membanggakan kota bahkan negara, dan masih banyak lagi. Di usia dewasa untuk berperan besar kepada kota tempat tinggal dapat dilakukan dengan membuka usaha yang mana dapat membuka lowongan pekerjaan. Terkhusus untuk membuat suatu kota yang berkelas internasional dapat dilakukan dengan memadukan berbagai bahasa dalam berbagai aspek, seperti contoh ketika membuat suatu usaha pakaian maka dapat kita beri nama pakaian tersebut dengan menggunakan bahasa internasional, yakni bahasa inggris atau bisa kita padukan juga dengan bahasa negara lain seperti bahasa jepang.

Jadi, untuk menciptakan suatu kota yang berkualitas, berkelas internasional, dan memiliki nama di mata dunia harus dilakukan mulai dari masyarakat itu sendiri dari anak – anak sampai orang dewasa, salah satu aspek yang perlu diperhatikan masyarakat adalah aspek komunikasi yakni pandai berkomunikasi dalam berbagai bahasa mulai dari bahasa lokal hingga bahasa internasional (bahasa inggris). Bahasa inggris mutlak dibutuhkan untuk berkompetensi di era globalisasi. Pengetahuan bahasa inggris untuk perkembangan seorang individu di setiap negara menjadi suatu hal yang tidak terelakkan. Suka tidak suka subyek yang satu ini menjadi hal yang perlu dipelajari oleh setiap warga di berbagai belahan dunia. Biarpun tidak ada keinginan untuk bepergian ke luar negeri, kemampuan ini tetap perlu dikuasai dan sangat diperlukan.

Red. Aziza Darma Putri

Kota Dengan Bahasa Internasional

Leave a Reply

YouTube1
YouTube